Loading

Baba Yaga ialah sosok hantu yang cukup terkenal di slavia, rusia. Makhluk ini secara turun temurun telah menjadi cerita yang melegenda pada desa-desa terpencil rusia. Mulanya cerita ini bermula dari seorang penyihir cantik bernama Visilsa. Ia memiliki paras yang cantik namun kecantikannya itu ia dapat dengan melakukan perjanjian oleh setan dan membuatnya terjebak dalam sebuah kutukan yang mengerikan. Paras cantiknya berubah menjadi sosok wanita tua yang sangat menyeramkan.

Wanita ini akhirnya tergambarkan menjadi sosok yang mengerikan, kakinya seperti kaki ayam, berambut putih, kurus, bermukan nenek sihir dengan gigi besi dan berhidung panjang. Menurut cerita warga rusia, ia akan menculik anak-anak dengan menaiki sapu terbang. Lalu ia akan membawanya kedalam hutan yang gelap untuk ia santap. Menurut legenda, gubuk yang ia tinggali didalam hutan itu dikelilingi oleh sebuah pagar yang terbuat dari tulang belulang manusia. Siapa saja yang berani memasuki hutan ia takkan selamat karena baba yaga akan terus mencari mangsa nya,

Ada hal yang dapat orang lakukan untuk selamat dari kejaran baba yaga. Saat menangkap mangsa, ia akan memberikan dua tebakan yang membuatmu selamat jika bmenjawabnya dengan benar. Pertanyaan yang akan baba yaga berikan ialah
“Kamu datang untuk keinginanmu sendiri atau ada orang yang mengirimu?”
Belum ada yang tau apa jawaban yang benar, hanya sosok itu yang tahu. Jika seseorang salah menjawab, dengan terpaksa ia harus pasrah menjadi santapan makan malam sosok menyeramkan itu. Dan tulang belulangmu akan turut menjadi koleksi pagar gubuknya.

Versi Lain Kisah Baba Yaga

Ada beberapa versi mengenai kehidupan vasilsila, konon karakternya mirip seperti kisah cinderella. Ibunya yang meninggal dan ayahnya menikah lagi dengan wanita jahat begitupun juga dengan anaknya. Saat ayah vasilsila pergi untuk sebuah perjalanan, ibu bersama anaknya memindahkannya kedalam sebuah hutan yang sangat gelap. Ia harus menyelesaikan tugas yang aneh dan mustahil dengan penerangan lilin yang minim. Karena kegelapan itu ia kemudian memutuskan untuk pergi mencari cahaya namun ia malah bertemu baba yaga. Baba yaga itu akhirnya memberikan sebuah lentera api untuk menyelesaikan semua tugas yang ibu tiri berikan kepadanya. Singkat cerita ia pulang kerumah dengan membawa lentera itu juga, namun lentera itu malah membakar semua keluarga barunya dan mereka tewas. Kisahnya berakhir bahagia dan visilsila menikah tsar rusia. Pada kisah ini sosok baba yaga menjadi sosok penyelamat vasilsila dari ibu tiri dan anaknya yang jahat. Namun cara yang ia gunakan cukup buruk dan menjadikannya sosok tak bermoral dan berbahaya.

Baca Juga : Hikiko San, Hantu Penyeret Yang Kejam Dari Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *