Loading

Cerita Horor : Legenda horor antu banyu dari sungai musi yang misterius – Dibalik panoramanya yang indah, Sungai musi memiliki panjang 750km dan merupakan sungai terpanjang di pulau sumatera memiliki cerita yang melegenda. Yaitu tentang sosok Antu banyu, hantu penghuni sungai atau biasa disebut juga sebagai hantu air. Ada sembilan aliran sungai yang bermuara ke sungai musi ini, dan masyarakat yang tinggal disepanjang aliran sungai mempercayai adanya cerita antu banyu. Makhluk ini masih belum diketahui kebenarannya sampai kini. Sebagian orang menganggap sosok ini adalh makhluk purba dan sebagian lain mengatakannya sebagai sosok jin yang menetap disungai musi. Kita akan bahas secara lengkap kisahnya dibawah ini!

Wujud Antu Banyu
Dari beberapa sumber yang mengaku pernah melihat langsung bahwa antu banyu sering menampakkan dirinya dilokasi peandian. Wujudnya seperti piramida dan berwarna cokelat, dan memiliki mata yang memancarkan cahaya putih disalah satu matanya. Ada juga yang mengatakan sosok tersebut bentuknya menyerupai seorang manusia. Namun wajahnya menyerupai seekor siamang dengan bulunya yang tebal menghiasi seluruh tubuhnya dan mulutnya monyong memiliki taring panjang dan saat masuk kedalam air rambutnya seperti seorang perempuan yang panjang.

Asal MuasalĀ Legenda Horor Muncul
Asal Muasal sosok antu banyu ini muncul memiliki dua versi yang berbeda:
1. Kisah putra mahkota kerajaan yang memiliki bau badan amis dengan putri dari negeri sebrang dan enggan menikahinya dan banyak yang menjauhi nya. Samapai ada raja yang mau menikahkan putrinya dengan putra mahkota terseberut. Pernikahan tersebut akhirnya berlangsung dan pengantin diarak didalam sebuah tenda. Tidak sampai sehari si putri tidak tahan dengan bau amis pangeran lalu ia nekah menyeburkan dirinya kesungai dan akhirnya tenggelam.
2. Ada perempuan yang sangat menyukai air yang sedang pasang. Ia sering berenang kedalam air jika ombak sedang tinggi-tingginya, ia melakukan itu secara diam-diam. Orang tuanya selalu memarahi apa yang dilakukan oleh putrinya, sampai pada suatu saat kesabaran mereka telah habis, anak itu dikutuk menjadi “Antu Banyu”

Pertanda Sosok Antu Banyu Hadir
Biasanya antu banyu hadir jika air mulai pasang dan tiba tiba muncul sebuah pusaran air. Dipercaya pusaran air itu merupakan istana sosok antu banyu. Menurut kisah yang diceritakan, ia akan membawa tubuh korban sampai kedasar sungai untuk menghisap sumsum tulang belakangnya. Dan beberapa hari kemudian, tubuh manusia itu akan muncul dan ditemukan ditempat dimana korban pertama kali masuk kedalam air. Biasanya akan terlihat lubang bekas hisapan sumsum tulang belakang dari antu banyu ini pada jasad korban. Atau dengan cara singgah ke rumah para masyarakat yang terletak di tepian Sungai Musi. Rumah panggung berbahan kayu yang berderet di pinggir Sungai Musi, umumnya memiliki tangga di bagian balik rumah buat mengambil air di aliran sungai dan kerap berenang serta mandi di balik rumahnya, dan sekalian cuci baju serta perabot dapur. Antu Banyu kerap membuat jebakan di tangga balik rumah tersebut, dengan melumurkan lendir badannya di pijakan tangga. Ia menunggu seseorang datang dan terpeleset oleh lendirnya itu, pada akhirnya antu banyu akan menangkap si korban. Biasanya yang menjadi korban antu banyu adalah seorang pendatang baru, tiap tahun terdapat saja korban yang lenyap tenggelam di Sungai Musi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *