Loading

Cerita Horor : Legenda horor suanggi, hantu ilmu hitam di papua – Di Indonesia memiliki banyak legenda mistis, tak lepas dari beberapa kepercayaan suatu daerah yang telah turun temurun ada. Di papua, konon terdapat hantu suanggi yang membuat bulu kuduk berdiri dan jantung berdebar. Rasa takut warga papua akan sosok ini membuat mereka enggan keluar rumah saat malam hari. Suanggi, pada dasarnya tidak hanya menjadi momok yang menaktukan di Papua saja melainkan di Maluku, tepatnya di Tobelo, dan kepualaun Halmahera. Kita bahas apa itu sosok suanggi dibawah ini yaa..

Wujud Dari Sosok Suanggi
Menurut penuturan warga papua, bentuknya seperti bola api yang melayang-layang diatas atap rumah warga. Konon bola api tersebut dapat membunuh orang. Suanggi sering dikaitkan dengan ilmu hitam untuk membunuh atau memliki seseorang yang diinginkannya, hampir sama dengan istilah santet. Ia pun dapat sewaktu-waktu mengubah wujudnya menjadi seorang perempuan yang sangat menyeramkan dengan giginya yang tajam, matanya yang merah, atau menjadi seorang hewan yang baunya seperti hewan kuskus. Konon berubahnya manusia menjadi bentuk Suanggi dilalui dengan proses yang panjang yaitu Suanggi wajib memakan daun spesial yang sampai dikala tidak sempat terdapat yang ketahui betul sebutannya. Dalam prosesnya suanggi, wajib sediakan tumbal dari generasi ataupun keluarganya sendiri.

Mengapa Suanggi Begitu Di Takuti

Sesungguhnya, yang membuat warga begitu ngeri terhadap sosok Suanggi bukanlah dari bentuknya, melainkan akibat apa yang akan dilakukan oleh hantu tersebut jika muncul. Konon, Suanggi dapat dimohon buat melaksanakan suatu yang jahat dankadangkala kala menewaskan dengan metode berkelompok atau menewaskan atas kemauannya sendiri. Dalam menewaskan, suanggi melakukan cara yang dipercaya berbeda- beda. Konon, ia dapat memakan daging manusia dari jarak jauh, serta orang yang dimakan juga hendak mati sebab sakit. Ada pula yang mengatakan bahwa pengaruh suanggi tidak mempan untuk orang pendatang. Meskipun begitu, sangat tabuh untuk membahas sosok suanggi disana karena sosok ini sangat tinggi eksistensi nya.

Bukan Hanya Di Papua

Legenda Horor suanggi ini bukan hanya terjadi dipapua, cerita lain terjadi di kepulauan halmahera sosok ini diceritakan menyamar sebagai wanita cantik dengan mengincar laki- laki hidung belang. Suanggi akan menggoda laki- laki tersebut sampai sang laki- laki mau melaksanakan ikatan seksual. Dan pada saat itulah sosok ini akan beraksi dengan menyerang dan memakan alat vital pria tersebut dengan ganasnya.

Cerita lain terjadi di NTT seorang nenek yang cantik yang menaruh banyak kedengkian dalam hatinya. Ia sangat membenci seluruh tetangganya. Sebab rasa dengki tersebut, si nenek berangkat ke hutan untuk menyembah tumbuhan besar sampai 40 hari. Si nenek mendengar suatu bisikan yang menyuruhnya kembali untuk memulai mempraktekkan ilmu sihir yang diberikan. Tetapi, sehabis dipraktekkan, nenek tersebut malah wafat dunia. Orang- orang yang menciptakan jasadnya juga menamainya dengan Suanggi. Konon, arwah nenek Suanggi gentayangan buat mencari mangsa.

Keberadaan Suanggi untuk warga Papua merupakan wujud malapetaka, menurut cerita yang tersebar di golongan warga Papua hantu Suanggi hendak memakan daging orang Papua saja. Ini disebabkan, daging orang Papua lebih lezat dibanding daging suku lainnya. Menyeramkan bukan? Baca Juga: Legenda Horor Antu Banyu Dari Sungai Musi Yang Misterius

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *