Loading

SMA Tugu, komplek SMA yang merupakan gabungan dari SMA N 1, SMA N 3 dan SMA N 4 Malang. Komplek bangunan sekolah yang menyimpan banyak misteri menyeramkan. Ada beberapa kisah menyeramkan sering terdengar dari bangunan ini. Bangunan sekolah ini memang sudah sangat tua, berdiri sejak masa kolonial Belanda. Gedung rancangan Ir. W. Lemai dari Landsegebouwendienst Jawa Timur ini selesai pembangunan pada tahun 1931. Dulu gedung ini merupakan sekolah HBS (Hoogere Burger School) Sekolah Tinggi Warga Negara atau Sekolah Menengah Belanda dan AMS (Algemeene Middelbare School) yang merupakan sekolah umum. Sekarang gedung ini menjadi gedung 3 SMA Negeri Malang .

Di namakan SMA Tugu karna berlokasi di Jalan Tugu. Posisi gedung ini sangat strategis, yaitu sekitaran Alun-Alun Bunder yang merupakan pusat pemerintahan Kota Malang yang baru. Bangunannya menghadap lapangan Jan Pieterzoon Coen. Pembangunannya saat itu hampir bersamaan dengan pembangunan Balikota Malang. Oleh karna itu agar tidak terkesan menyaingi bangunan balaikota, maka gedung ini di buat sedikit menyerupai karakter bangunan Villa. Dahulu ada beberapa ruangan yang bisa digunakan secara bersamaan oleh kedua sekolah yaitu HBS dan AMS. Gedung yang rampung pada tahun 1931 ini bergaya arsitektur kolonial modern. Secara keseluruhan masih terlihat tidak jauh beda dan tidak banyak perubahan dari dahulu.

Kisah-Kisah Misteri SMA Tugu

Mesteri yang pertama dan paling melegenda dan melekat dari gedung ini adalah Lantai Berdarah. Lantai akan tetep berdarah meskipun sudah berganti-ganti. Seakan darah yang sudah tumpah tidak ingin terlupakan atau bahkan si pemilik darah yang tercecer ingin menunjukan eksis tensinya. Gedung bangunan lama ini menggunakan ubin berwarna kuning. Pada ubin tersebut muncul bercak seperti darah, dari warna merah jelas hingga kecoklatan khas darah. Kemunculan bercak darah ini tidak teratur pada lantai dan tidak setiap ubin. Anehnya lagi, meskipun ubin itu pindah atau tukar posisi bercak darahnya akan tetap terlihat. Bahkan bercak darah akan tetap muncul pada ubin-ubin baru. Yang lebih mengerikan, para pekerja yang berupaya mengganti ubin berdarah itu akan jatuh sakit dan mengalami kesurupan.

Darah lantai SMA Tugu

Darah lantai SMA Tugu

Latar Belakang Kisah Lantai Berdarah

Menurut cerita, pemicu dari lantai berdarah SMA Tugu adalah karna tempat ini menjadi tempat penyiksaan tentara pada zaman perjuangan dulu. Darah para pejuang yang tumpah dan bercecer seakan-akan akan tetap mengingatkan kita tentang pedihnya penyiksaan saat itu. Penyiksaan sadis yang merenggut nyawa mereka, mungkin saja jiwa-jiwa yang tidak tenang mereka masih tertinggal

Baca Juga “Myrtles Plantation, Rumah Paling Berhantu di Amerika Serikat”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *